Google dikenal sebagai search engine yang paling banyak digunakan orang di internet. Darimana google mendapatkan penghasilan sehingga bisa menjadi salah satu perusahaan besar di dunia? tentunya dari pendapatan iklan yang dipasang di website google. Belum banyak yang tahu bahwa selain layanan pencarian situs internet, google juga memiliki layanan yang lain yaitu adwords.
Adwords adalah layanan google yang digunakan oleh pemasang iklan. Pada saat ada orang mencari situs tertentu dengan mengetikkan suatu keywords, maka selain ditampilkan daftar website yang berkaitan dengan keyword tersebut, di samping sebelah kanan ditampilkan pula iklan adwords yang juga berkaitan dengan keyword yang diketik tadi. Iklan yang cukup sederhana ini, karena hanya berisi text & link tanpa gambar, ternyata sangat efektif. Si pencari informasi merasa bahwa adwords adalah bagian dari informasi yang dicarinya karena selain memang berhubungan dengan yang dicarinya, tampilannya mirip dengan hasil pencarian biasa yang diberikan google. Pengunjung yang mungkin tertarik dengan adwords tersebut bisa mengklik dan dibawalah menuju situs si pemasang iklan.
Tarif iklan di adwords dinyatakan dalam CPC = Cost per Click, yaitu jumlah yang dibayar tiap kali ada yang mengklik iklan tersebut. Besarnya sangat relatif, tergantung dari keywords apa yang ingin dipasang, ada keyword yang berharga $0,1 per klik ada pula yang sampai $30. Semakin banyak suatu keywords dicari orang akan semakin banyak pula pemasang iklan yang berlomba memasangnya di google, supaya bisa ditampilkan di urutan paling atas maka pemasang iklan berani membayar paling mahal diantara pemasang iklan lain dengan keyword yang sama.
Kelebihan layanan adwords dibandingkan iklan konvensional adalah
- Iklan yang ditampilkan lebih mencapai target, yaitu hanya ditampilkan kepada orang yang memang mebutuhkannya. Misalnya ada pengunjung yang hendak mencari komputer yang murah misalnya, maka ia akan mengetik keywords “cheap computer”, klik tombol search dan tampillah daftar situs yang berhubungan dengan cheap computer plus iklan adwords yang menawarkan komputer dengan harga murah. Bila pengunjung memang bermaksud membeli komputer kemungkinan besar ia akan mengklik iklan adwords tersebut. Bandingkan dengan iklan banner atau pop up yang kadang menjengkelkan muncul kepada semua orang tidak perduli ia membutuhkan atau tidak.
- Pemasang iklan hanya membayar ke google apabila ada orang yang mengklik iklan adwords yang dipasangnya, jadi walaupun ditampilkan seribu kali tapi bila tidak ada yang mengklik iklan tersebut, tidak perlu bayar. Bandingkan dengan pasang iklan di surat kabar yang tarifnya perhari tak perdulli apakah ada orang yang melihat iklan tersebut atau tidak. Pemasang iklan juga bisa mengatur berapa budget harian untuk suatu iklan sehingga tidak akan membayar melebihi budget yangtelah ditetapkan.
- Pangsa pasar yang luas dan tertarget, adwords bisa disetting untuk ditayangkan ke seluruh dunia atau hanya di negara tertentu, atau bahkan di kota tertentu. Jadi kalau iklan tersebut hanya menjual produk di Indonesia saja maka tidak perlu ditampilkan di negara lain, atau sebaliknya bisa ditampilkan di semua negara jika ingin produk tersebut go internasional.
- Fitur lainnya seperti memantau statistik iklan yang dipasang seputar berapa kali iklan ditampilkan, berapa kali diklik, secara harian atau bulanan dll. sehingga bisa dipantau seberapa efektif iklan yang dipasang. Jika dirasakan kurang kita bisa merubah settingnya supaya lebih efektif lagi.
Untuk memiliki account adwords sangat mudah, syaratnya harus mempunyai kartu kredit untuk pembayaran. Google akan mengenakan biaya sekitar Rp.50ribu untuk biaya setup awal account dan selanjutnya pembayaran tergantung jumlah klik dari iklan yang dipasang. Sekali mempunyai account adwords pemasang iklan bebas membuat iklan sebanyak yang ia inginkan.
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |